IAIN PEKALONGAN MENJADI TUAN RUMAH WORKSHOP PENGUATAN MODERASI BERAGAMA PTKIN SE-INDONESIA

30 March 2022

Pekalongan (30/02) - Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) selenggarakan Workshop Penguatan Moderasi Beragama Mahasiswa PTKI se-Indonesia. kegiatan ini berlangsung dari tanggal 28 sampai dengan 30 Maret 2022 bertempat di Hotel Santika Kota Pekalongan.

Workshop ini diikuti oleh 40 peserta, yang merupakan 1 (satu) orang perwakilan dari Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) yang diutus oleh masing-masing PTKIN se-Indonesia. Workshop ini diadakan guna meningkatkan penguatan patrioisme, kebangsaan dan keindonesiaan serta cinta NKRI mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama RI.

Turut hadir di lokasi acara Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Diktis Dr. H. Ahmad Syafi’i, M.Ag., Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M. Ag., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Pekaongan Dr. H. Muhlisin, M.Ag. Sementar Direktur Diktis Prof. Dr. Suyitno, M.Ag., mengikuti acara ini secara virtual melalui zoom meeting.

Dalam sambutannya Direktur Diktis Prof. Dr. Suyitno, M.Ag. menyampaikan moderasi beragama untuk mahasiswa ditujukan untuk memperkuat dan meneguhkan komitmen kebangsaan dan komitmen keumatan yang moderat “Mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan harus memiliki sikap-sikap moderat dan mengedepankan sikap Ta'aruf, Tafahum, Ta'awun,dan Tasamuh,” ungkap Suyitno.

Selanjutnya Prof. Dr. Suyitno, M.Ag. menambahkan bahwa Kementerian Agama serius mengawal isu terkait moderasi beragama dengan melibatkan seluruh unsur yang ada di Kementerian Agama, “Mengingat hal tersebut maka para peserta diharapkan agar serius dan komitmen mengikuti kegiatan moderasi beragama dan menyimak seluruh paparan materi yang disajikan pembicara,” tambah Suyitno.

Ditemui dilokasi acara Kasubdit Sarpras & Kemahasiswaan Diktis Dr. H. Ahmad Safii, M.Ag. menuturkan, workshop tersebut merupakan salah satu upaya dalam mempersiapkan duta moderasi beragama yang mampu menjadi pioner di PTKIN se-Indonesia “mereka ini kan pemimpin-pemimpin kampus, untuk itu kami ingin memberikan pelatihan terkait moderasi beragama dengan harapan mereka nanti mau gethuktularkan kepada teman-teman mereka dikampus,” tutur Ahmad.

Pada kesempatan yang sama Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M. Ag. mengungkapkan pentingnya moderasi beragama untuk mahasiswa di PTKIN. “kegiatan ini adalah kelanjutan program dari kegiatan Kementerian Agama secara keseluruhan mulai Sekjend, Dirjen, Kakanwil dan para Rektor sudah dilatih terkait moderasi beragama. Hari ini adalah para mahasiswa yang dipilih adalah mereka pengurus ormawa mewakili kampus masing –masing, dan diharapan mereka bisa menjadi duta moderasi beragama dikampus masing-masing,” ungkap Zaenal.


Reporter  : Anik Maghfiroh

Editor      : Baryachi

Redaktur  : Humas Bagian Umum

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…