Studium General FEBI Angkat Prospek Industri Halal di Era 5.0

31 March 2022

Pekalongan (31/3) – Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pekalongan menggelar acara Studium General Prospek Industri Halal di Era 5.0 (Sumber Daya Manusia, Produk, Sertifikat) pada hari Kamis, 24 Februari 2022. Acara dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) dan diikuti oleh sivitas akademika IAIN Pekalongan serta masyarakat umum.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 3 FEBI Kampus Rowolaku Kajen ini menghadirkan narasumber dari Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal, Dr. H. A. Umar, M.A. selaku pembicara pertama dan Direktur Pelaksana LPPOM MUI Jawa Tengah, Prof. Dr. H. Ahmad Rofiq, M.A. selaku pembicara kedua. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 400 peserta tersebut, kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang peluncuran 3 buku bunga rampai yang ditulis oleh para dosen FEBI.

Dalam sambutannya, Dekan FEBI Dr. Shinta Dewi Rismawati, S.H.,M.H. menyatakan bahwa industri halal memiliki potensi yang sangat luas di Indonesia, terlebih Indonesia merupakan pasar industri halal terbesar di dunia dengan segala segi dan variannya. Karena itu, Shinta menyampaikan tujuan dari pelaksanaan studium general ini adalah untuk mengelaborasi prospek industri halal yang berfokus pada tiga aspek yakni SDM, produk dan sertifikat halal. Shinta juga berharap agar studium general ini dapat menambah khasanah topik penelitian bagi dosen dan mahasiswa.

Pada pemaparannya mengenai produk halal, Prof. Dr. H. Ahmad Rofiq, M.A. menyampaikan bahwa Indonesia menempati urutan ke-4 (setelah Malaysia, Arab Saudi, dan UEA) dengan ekonomi syariah terbesar di dunia pada tahun 2020. Namun demikian, Indonesia masih menjadi konsumen meskipun merupakan salah satu negara Islam terbesar di dunia. “Tentu saja perlu kerja keras bersama secara simbiotik-mutualisme dari semua sektor demi mewujudkan mimpi Indonesia menjadi negara produsen industri halal dunia,” jelas Prof. Ahmad.


Reporter  : Ulfa Kurniasih

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…