Ketua LP2M IAIN Pekalongan Sah Jadi Guru Besar Bidang Ilmu Tasawuf

09 June 2022

Pekalongan (9/6) – Segera beralih status menjadi KH. UIN Abdurrahman Wahid, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan kembali menambah Guru Besar/Profesor baru. Dosen sekaligus Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Pekalongan Prof. Dr. Imam Kanafi, M.Ag resmi meraih gelar Guru Besar atau Profesor dalam Bidang Ilmu Tasawuf.

Raihan jabatan akademik tertinggi bagi dosen ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 020913/B.II/3/2022 tertanggal 24 Mei 2022 tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen. Terhitung mulai tanggal 1 Mei 2022, Dr. Imam Kanafi, M.Ag dinaikkan jabatannya menjadi Profesor/Guru Besar dalam bidang Ilmu Tasawuf, dengan angka kredit sebesar 927 kum.

Prof. Dr. Imam Kanafi, M.Ag saat ini tercatat sebagai dosen di Fakultas Ushuluddin, Adab & Dakwah dan telah aktif mengajar di IAIN Pekalongan terhitung sejak tahun 1999. Dalam perjalanan pendidikannya, ia mengambil pendidikan sarjana (1997) dan magister (2002) di universitas yang sama yakni Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Setelah lulus pendidikan magister, ia melanjutkan studi doktoral di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (2009).

Ditemui di ruang kerjanya, Prof. Imam menyampaikan guru besar adalah karir akademik tertinggi bagi seorang dosen, dan oleh karena itu setiap dosen harus memiliki niatan untuk mendapatkannya. “Guru besar memiliki peran strategis bagi seorang dosen agar lebih bisa berperan secara maksimal dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan bagi kemajuan umat dan bangsa. Bagi institusi guru besar berperan bagi peningkatan reputasi pribadi dosen, juga merupakan peningkatan institusi kampus yang sedang berproses menjadi UIN Abdurrahman Wahid”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof. Imam berharap agar gelar guru besar yang telah diraihnya menjadi salah satu jalan menebar kebermafaatan dan kemaslahatan baik bagi masyarakat luas maupun bagi instansi IAIN Pekalongan itu sendiri. “Ini akan menjadi penyemangat dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan untuk perubahan masyarakat dan bangsa, serta maksimal dalam berperan membimbing mahasiswa di semua level (S1, S2, S3) pada semua aspek,” tuturnya.

Sebagai pesan, Prof. Imam mengajak segenap dosen di lingkungan IAIN Pekalongan agar lebih termotivasi untuk mengabdikan diri kepada masyarakat sebagai upaya mengaplikasikan ilmu pengetahuan serta mengambil peran dalam mengubah keadaan masyarakat dan negara. “Dengan semangat mengabdikan diri kepada masyarakat maka sudah sewajarnya bagi setiap dosen untuk terus belajar dan meningkatkan kapasitas diri,” tutupnya.


Reporter  : Anik Maghfiroh

Editor      : Baryachi

Redaktur  : Humas Bagian Umum

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…