Pelaksanaan ujian SSE UMPTKIN akan diselenggarakan mulai tanggal 14 - 17 Juni 2022. Koordinator Tim Sosialisasi Panitia Lokal UMPTKIN Yayuk Sri Rahayu, S.E. M.M., menyebut uji coba SSE sangat diperlukan karena akan menentukan kelancaran pelaksaan ujian. Dari uji coba yang baru dilaksanakan, Yayuk mengatakan ada beberapa peserta yang belum memperbarui aplikasi SSE sehingga terkendala saat login. Namun kendala tersebut dapat diselesaikan dan peserta kini sudah bisa login.
Yayuk menambahkan, secara keseluruhan simulasi SSE berjalan dengan lancar terbukti dengan tidak ada komplain yang diajukan. Kemudian, dari sisi sumber daya manusia dan perangkat yang dimiliki IAIN Pekalongan telah siap 100 persen. “SSE ini sudah menjadi agenda rutin, sehingga kendala di waktu yang lalu sudah bisa diminimalisir dampaknya dan kami juga terus melakukan evaluasi,” tutur Yayuk.
Untuk mengantisipasi kendala yang bisa terjadi, semua kendala yang terjadi ketika uji coba direkap dan disampaikan ke panitia pusat agar mendapat solusi dan tidak terulang pada SSE selanjutnya. Semua sistem SSE dioperasikan dari panitia pusat sehingga panitia lokal tinggal melaksanakan pengawasan sesuai panduan. Dalam pelaksanan simulasi ini melibatkan bagian Akademik sebagai panita, UTIPD sebagai tim IT dan beberapa tenaga kependidikan (tendik) sebagai penanggung jawab ruang.
Rektor IAIN Pekalongan Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. menyampaikan kepada semua petugas yang diberikan tanggung jawab dalam pelaksanaan SSE UMPTKIN agar bisa melaksanakan tugas dengan baik. “Saya harap, SSE ini akan berjalan dengan lancar karena sudah dipersiapkan dengan matang, kepada peserta ujian juga silakan persiapkan diri dengan sungguh-sungguh,” terang Prof. Zaenal.
Berikut ini beberapa poin penting yang perlu disiapkan oleh peserta sebelum mengikuti ujian pelaksanaan SSE UM-PTKIN:
- Peserta wajib menggunakan perangkat mandiri, disarankan smartphone. Jika menggunakan laptop atau netbook/notebook atau personal komputer (PC desktop) harus memiliki dan berfungsi dengan baik webcam/kamera depan serta microphone;
- Peserta wajib menyediakan koneksi internet menggunakan paket data dengan sinyal minimal 4 bar dan jaringan 3G/H+ atau yang lebih tinggi. Koneksi internet juga dapat menggunakan wifi yang terhubung dengan jaringan internet;
- Peserta melaksanakan Ujian SSE UM-PTKIN di tempat tinggal masing-masing atau tempat yang terjangkau jaringan seluler minimal H+ serta mematuhi peraturan PPKM yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah. Bagi Peserta yang mengalami kendala dalam mendapatkan jaringan seluler H+ di daerahnya wajib melaporkan ke Helpdesk melalui laman https://sapa.um-ptkin.ac.idguna menjadwal ulang pelaksanaan ujian SSE UM-PTKIN paling lambat 4 (empat) jam setelah ujian yang tercantum pada Kartu Peserta Ujian;
- Peserta wajib melakukan physical distancing/jaga jarak radius minimal 3 (tiga) meter selama ujian berlangsung;
- Peserta DILARANG membuka browser, aplikasi meeting, aplikasi remote, atau terkoneksi dengan layar tambahan;
- Peserta wajib mengikuti Ujicoba Ujian UM-PTKIN sesuai sesi dan waktu yang tertera pada Kartu Peserta Ujian;
- Peserta wajib mengikuti Ujian UM-PTKIN sesuai sesi dan waktu yang tertera pada Kartu Peserta Ujian;
- Peserta wajib menyesuaikan waktu pada perangkat ujian dengan waktu yang tertera pada laman https://umptkin.ac.id;
- Peserta wajib melakukan instalasi Aplikasi Ujian SSE UM-PTKIN;
- Peserta wajib mengikuti tahapan kegiatan yang tertera pada Kartu Peserta Ujian;
- Apabila peserta mengalami kendala teknis maka peserta dapat menghubungi Helpdesk melalui laman https://sapa.um-ptkin.ac.id.
Reporter : Baryachi
Editor : Dimas Prasetya
Redaktur : Humas Bagian Umum