LPM UIN Gus Dur Gelar Pelatihan Penyamaan Persepsi dan Seleksi Asesor BKD

02 December 2022

Pekalongan (02/12/2022) - Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan selenggarakan pelatihan penyamaan persepsi dan seleksi asesor Beban Kerja Dosen (BKD) pada Selasa (29/11/2022) di Ruang Meeting Lantai 3 GPT kampus 2 UIN Gus Dur.

Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber, pertama Prof. Dr. Rambat Nur Sasongko yang merupakan Direktur Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Bengkulu sekaligus reviewer dan asesor penelitian Ditlitabmas Dikti Depdiknas. Narasumber kedua Mahendra Pratama, S.T., M.Eng yang merupakan dosen teknik informatika Universitas Lampung.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. Maghfur, M.Ag., mengungkapkan arti pentingnya diadakan pelatihan ini terutama bagi dosen. "Pelatihan ini menjadi penting bagi kita terutama bagi dosen karena dosen menjadi penyangga utama Perguruan Tinggi. Salah satu indikator Perguruan Tinggi adalah dilihat seberapa berkualitas dosennya karena akan berdampak positif bagi mahasiswanya,” katanya.

Ia menambahkan tugas dosen adalah sebagai tenaga profesional dan juga ilmuwan baik dalam proses penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Prof. Maghfur berharap pelatihan ini akan membawa manfaat bagi seluruh peserta, karena peserta pelatihan ini merupakan calon asesor. “Bagi kita, calon-calon asesor, yang selama ini kita kerjakan BKD dengan aturan 2010. Maka harapannya, dengan pelatihan kita bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Selanjutnya bisa dilihat dari sertifikat dan kelulusan ujian,” tambahnya.

Dalam paparannya Prof. Rambat berfokus pada matriks dan rubrik BKD. “Kegiatan pelatihan  berupa penyamaan persepsi dari Pedoman Operasional tahun 2021, dimulai dari materi kemudian kia lanjutkan dengan tanya jawab,” ungkapnya. Pada kesempatan ini Prof. Rambat memaparkan tentang regulasi, implementasi, kewajiban, komponen kegiatan dosen dalam BKD 2021, matriks Pedoman Operasional (PO) BKD Tahun 2021 dan rubrik PO BKD.

Sementara itu, Mahendra Pratama, S.T., M.Eng dalam paparannya menjelaskan tentang Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER BKD). Ia menjelaskan ada 3 potofolio dosen SISTER DIKTI. Pertama data pokok yang memuat tentang profil, kualifikasi, kompetensi yang perlu validasi, tanpa validasi. Kedua data tridharma memuat pendidikan dengan validasi, penelitian dan PKM tanpa validasi. Ketiga data penunjang yang memuat penunjang dan reward semua tanpa validasi. “Data-data tadi bisa dilakukan sinkronisasi data antara SISTER dengan PDdikti,” terang Mahendra.


Reporter       : Baryachi

Editor           : Dimas Prasetya

Redaktur       : Humas Bagian Umum

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…